i'm simple and very happy

Sabtu, 27 Desember 2014

Biarkan Anak-Anak Berhujan Ria!

Hujan...Semua anak kecil girang dan menyukai hujan. Hujan adalah karunia permainan tiada tara bagi anak-anak, berkecipak, mengguyur, bermain gelombang, berlarian di tengah derasnya air, berguling-guling, semuanya menyenangkan. Itulah hujan dari perspektif anak-anak.

Namun apakah orang dewasa khususnya orang tua memandang hal yang sama soal hujan? Hmm nampaknya tidak, termasuk saya hehehe...Saat anak kita meminta ijin bermain hujan bisa dipastikan reaksi orang dewasa akan melarangnya. Ya, tentu saja dengan alasan kalau main hujan bisa terserang penyakit, misalnya flu atau gatal-gatal. Bagaimana tidak, dengan lingkungan yang sekarang sudah banyak tercemar polusi tentunya air hujan jugan ikut tecemar. Bisa dari polusi udara ataupun pencemaran tanah. Air hujan dalam pandangan orang dewasa yang melek pengetahuan (tsaaah...) mengandung penyakit dan berbahaya.

Tapi bagaimana bermain hujan dalam ajaran Islam? Whatt? Ya benar, ternyata Islam mempunyai tuntunan dalam bermain hujan. Ck..ck..ck..sungguh luar biasa risalah ini. Tidak hanya syariat saja, bahkan skala kecil kehidupan pun ada tuntunanya. Subhanallah...

Oke, kembali ke laptop. Ternyata kita disunahkan untuk berbasah-basahan ketika hujan turun, serta mengeluarkan pakaian, perkakas, dan kendaraan agar terkena hujan. Demikian ujar Dr. Nashir ibn Abdurrahman Al Juda'i dalam At Tabarruk Anwa'uhu wa Ahkamuh. Ah apa iya memang seperti itu tuntunanya? Ternyata benar sodara-sodara. Suatu ketika Anas bin Malik r.a menyaksikan Rasulallah s.a.w menyingkap pakaianya ketika hujan turun. Lantas Anas bertanya: "Wahai Rasulullah kenapa engkau lakukan ini?" Beliau menjawab: " Sebab hujan itu diturunkan dari sisi Rabbnya".

Nah luar biasa bukan, namun kita harus bijak juga mengaplikasikan tuntunan main hujan ini. Bukan berarti setiap kali hujan turun kita mengeluarkan perabot rumah tangga untuk dimandikan air hujan, bayangkan jika TV LCD 24" anda diguyur hujan hahaha. Untuk anak-anak juga kita harus memperhatikan bagaimana kondisi hujan saat itu. Kalau memang hujan lebat disertai angin dan petir tentunya kita harus menjaga diri bukan malah menyuruh anak keluyuran di luar main hujan.

Oke sebagai penutup, dari abdullah bin abbas r.a menganjurkan supaya kita banyak berdoa saat hujan turun, karena pintu langit dibuka tatkala itu. Demikian juga apa yang dinasihatkan Nabi Muhammad s.a.w memerintahkan kita berdoa tatkala hujan turun: "Allaahumma Sayyiban Naafi'an". Ya allah jadikanlah hujan ini penuh kemanfaatan (HR. Bukhari).

Selamat menyambut bulan hujan, semoga kita dan keluarga dilindungi dari bencana hujan karena kelalaian manusia.Dan semoga saudara-saudara kita yang saat ini sedang tertimpa bencana diberikan perlindungan oleh Allah SWT. Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar